Senin, 28 Januari 2013

Kekerasan Terhadap Perempuan

      Pernakah anda mendengar bahkan merasakan kekerasan yang dilakukan oleh seorang laki-laki terhadap diri anda?. Tentu itu bukalah harapan yang di inginkan oleh  setiap perempuan kan?. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang kekerasan terhadap perempuan. Kekerasan terhadap perempuan adalah setiap perbuatan yang yang dilakuakn seseorang yang berbeda jenis kelamin sehingga berakibat kesengsaraan atau penderitaan perempuan secara fisik, seksual, atau psikologis, atau ancaman tertentu, pemaksaan atau perampasan kemerdekaan.
Dewasa ini kekerasan terhadap perempuan telah banyak memakan korban. Setiap harinya kasus ini salalu saja terjadi. Tahun lalu korban kekekrasan yang terjadi di Indonesia telah  lebih dari seratus ribu korban kekerasan perempuan. kekerasan terhadap perempuan bukan saja terjadi di publik, tetapi juga menjadi masalah rumah tangga karena suatu rumah tangga terkadang mendapati masalah-masalah kesenjangan dalam bahtera rumah tangganya.
Kekerasan terhadap perempuaan setiap tahunnya selalu saja meningkat. Pada tahun lalu telah tercatat  lebih dari seratus ribu korban yang mengalami kekerasan. Kasus seksual menjadi peringkat pertama di Indonesia. Kasus mengenai kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan seorang suami terhadap juga menjadi penyakit sosial saat ini.
Terminiologi kekerasan terhadap perempuan memilki ciri tertentu, yang berupa tindakan seperti berikut:
1.      Kekerasan yang dilakukan dapat berupa fisik maupun non fisik (psikis)
2.      Tindakan  yang dilakukan  berupa kehendak pelaku  atau niat dari pelaku
3.      Dapat merugikan pada diri  korban (fisik atau psikis) yang tidak dikehendaki oleh korban
Bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan yaitu, sebagai berikut:
1.      Kekerasan fisik, seksual dan psikologis yang terjadi di keluarga, termasuk pemukulan, penganiayaan, seksual anak perempuan dalam keluarga, perkosaan dalam perkawinan, pemotongan kelamin perempuan, dan praktek-praktek tradisional lainnya yang menyengsarakan perempuan.
2.      Kekerasan, seksual dan psikologis yang terjadi dalam komunitas berupa perkosaan, penganiyaan seksual, pelecehan dan intimidasi seksual di tempat kerja, perdagangan perempuan dan wanita-wanita PSK yang di paksa.
Penyebab utama terjadinya kekerasan terhadap perempuan saat ini dikarenakan adanya faktor kemiskinan, masalah hubungan social baik keluarga atau komunitas, penyimpangan prilaku sosial. Pengaruh nilai sosial kebudayaan yang ada di lingkungan sosial tertentu. Namun bagi saya penyebab utama terjadinya masalah ini adalah hilangnya nilai Agama (terutama Islam), karena hanya dengan agama yang bisa mengatur masalah socialsetiap individunya.
Dampak yang terjadi pada diri korban kekerasan biasanya akan mengalami kecenderungan yang akan menyalahkan diri sendiri, menutup diri, menghukum diri, menganggap dirinya aib, hilangnya kepercayaan diri, dan terutama adalah trauma sehingga perempuan beranggapan tidak mau lagi berkeluaraga setelah dirinya trauma menerima kekerasan dari seorang laki-laki ataupun suaminya. Dan dampak yang bukan pada diri korban yaitu, kecenderungan masyarakat menyalahkan korban, media informasi tanpa empati memberitakan, Mengakibatkan trauma yang mendalam pada diri korban sehingga menggangu kejiwaan korban kekerasan tersebut.


Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengurangi trauma pada diri korban adalah dengan beberapa cara pendekatan:
1.      Pendekatan pada diri korban kekerasan, misalnya dengan cara memberikan pencerahan hati atau spiritual keagaman (Agama Islam). Karena Agamalah yang dapat mencerahkan hati seseorang dan mengontrol batin seseorang dalam melakuakan suatu tindakan.
2.      Pendekatan masyarakat, misalnya masyarakat berpartisispasi dengan melaporkan setiap kejahatan kekerasan yang terjadi.
3.      Pendekatan medis, memberikan perawatan terhadap korban kekerasan sehingga sedikit akan mengurangi beban si korban.
4.      Dan terakhir adalah pendekatan hukum, tentunya yang bertanggung jawab masalah ini adalah pemerintah untuk selalu mencari dan menanggapi secara sigap terhadap setiap laporan atau penemuan kasus kekerasan dan kejahatan dan menghukumnya dengan ketentuan hukum yang berlaku.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Poskan Komentar